Tangga Nada Mayor

Tangga nada adalah urutan nada-nada yang dikumpulkan dalam satu kelompok menurut aturan jarak tertentu. Tangga nada mayor adalah tangga nada yang mengikuti aturan jarak:

1 1 ½ 1 1 1 ½

Contoh:

C D E F G A B

Jika urutan diatas memakai mayor, maka jarak C ke D adalah 1, D ke E adalah 1, sedangkan E ke F berjarak setengah. Begitu seterusnya. Dalam gitar, perbedaan jarak "1" ditandai dengan melewati satu fret, dari fret yang sebelumnya.

Perbedaan Posisi Not 1 jarak dan 1/2 jarak pada Gitar


Sedangkan pada piano ditandai dengan posisi tuts hitam. Tuts putih yang mempunyai tuts hitam diatasnya adalah tuts yang berjarak 1 dengan tuts sebelahnya. Lihat gambar dibawah ini. Antara C dan D terdapat tuts hitam diatasnya, in berarti C ke D berjarak 1. Sedangkan antara E ke F berjarak 1/2 karena tidak ada tuts hitam diatasnya.



Perbedaan Posisi Not 1 jarak dan 1/2 jarak pada Piano


Tangga nada mayor memiliki 12 tangga nada. Dimulai dari C, kemudian G, D, A, E, B, F#, Db, Ab, Eb, Bb, F

Tangga nada C
CDEFGAB

Tangga nada G
G A B C D E F#

Tangga nada D
DEF#GABC#

Tangga nada A
ABC#DEF#G#

Tangga nada E
EF#G#ABC#D#

Tangga nada B
BC#D#EF#G#A#

Tangga nada F#
F#G#A#BC#D#E#

Tangga Nada Db
DbEbFGbAbBbC

Tangga Nada Ab
AbBbCDbEbFG


Tangga Nada Eb
EbFGAbBbCD

Tangga Nada Bb
BbCDEbFGA


Tangga Nada F 
FGABbCDE

Lantas buat apa kita harus mengetahui teori-teori diatas? Banyak gunanya, terutama jika Anda mau mengarasemen musik. Namun yang paling sering adalah untuk membentuk akord triad.

Akord triad mayor dibentuk dengan mengambil not ke I, III, V. Sebagai contoh, jika kita ingin akord C, maka kita harus ingat susunan C Mayor terlebih dahulu. Beri urutan nada mulai dari kiri ke kanan dengan I, II. III. VI, VIII. Not ke I adalah C, not ke III adalah E, sedangkan not ke V adalah G. Sehingga akord C mayor adalah: C, E, G


Tangga Nada Mayor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

1 comments:

Powered by Blogger.