Progresi Dasar Chord Mayor


Dalam dunia genjrang-genjreng, alias dunia gitar, pemakaian chord sering menjadikan target utama pembelajaran. Yang dijadikan sasaran bukan menghafal chord-nya, sebab daftar chord bisa dengan mudah didapatkan di internet atau toko buku. Tetapi bagaimana pergerakan chord-chord pada sebuah lagu. Setelah C chord apa ya? Setelah G chord apa ya? Pergerakan chord ini disebut progresi.

Untuk mengatasi hal ini, para pemusik mula perlu mempelajari progresi-progresi dasar. Nantinya dari dasar ini, pemusik dapat mengembangkan sesuatu dengan lagu yang mereka cari chord-nya.

Dibawah ini ada dasar-dasar progresi mayor. Angka-angka kapital adalah tanda bahwa chord tersebut chord mayor, sedangkan angka romawi kecil pertanda chord tersebut adalah minor.Urutan dari angka besar dan kecil berdasarkan urutan nada tersebut dalam tangga nada yang bersangkutan.

Progresi Chord Mayor
I ii iii IV V vi vii
Mayor Minor Minor Mayor Mayor Minor Dim
C D E F G A B
G A B C D E F#
D E F# G A B C#
A B C# D E F# G#
E F# G# A B C# D#
BC#D#EF#G#A#
F# G# A# B C# D# E#
Db Eb F Gb Ab Bb C
Ab Bb C Db Eb F G
Eb F G Ab Bb C D
Bb C D Eb F G A
F G A Bb C D E

Chord berwarna merah adalah chord utama pada nada dasar yang bersangkutan. Sebagai contoh, pada nada dasar C, chord C F G adalah chord utama.

Lantas apa gunanya kita mengetahui progresi ini. Ada tiga hal utama yang menjadi keuntungan kita mengetahui progresi-progresi ini.

Pertama,
Kita mengetahui kemungkinan-kemungkinan chord pada tangga nada yang dimaksud. Contoh, jika kita memainkan B Mayor, maka chord-chord yang mungkin adalah:

B, C#m, D#m,  E, F#,  G#minor, A#dim

Kedua,
kita dapat mengetahui chord lanjutan. Inilah yang disebut progresi alias perpindahan dari satu chord ke chord yang lain. Pada tabel diatas, huruf merah adalah chord mayor utama dari tangga nada tersebut (Chord ke  I, IV, V). Misal, pada tangga nada A mayor, chord utamanya adalah;

A, D, E

Ketiga,
kita dapat dengan cepat memindah nada dasar. Jika kita mempunyai lagu dengan chord dasar: C F G. Dan ternyata suara penyanyi tidak cocok dengan chord C F G. Kemudian kita mencoba-coba, dan ternyata suara awal penyanyi cocok dengan B, lantas bagaimana progresi C F G dikonversi ke B? Gampang! Progresinya menjadi B E F#

Mari kita kembangkan diagram diatas menjadi beberapa variasi progresi dibawah ini. Chord disamping adalah contoh progresi diambil dari C Mayor, untuk F, G dan lain-lain, Anda pasti menyesuaikan, kan?

Progresi 3 Chord
Progresi Contoh
I-IV-V C F G
I-IV-V7 C F G7
I-ii-IV C Dm F
I-iii-IV C Em F
ii-V-I Dm G C

Progresi 4 Chord
Progresi Contoh
I– IV–I–V C F C G
I– IV–I–V7 C F C G7
I– IV–V–I C F G C
I– IV–V–IV C F G F
I– V–IV–V C G F G
I– V–vi–IV C G Am F
I– vi–V–IV C Am G F
I– vi–IV–V C Am F G
I– vi–ii–V C Am Dm G
I– vi–ii–V7 C Am Dm G7
I– vi–iii–IV C Am Em F
I– iii–vi–IV C Em Am F
IV–I–IV–V F C F G
vi–IV–I–V Am F C G
I–VI–IV–V C A F G
ii–V–I–vi Dm G C Am

Progresi 5 Chord
Progresi Contoh
I–vi–ii–IV–V7 CAmDm F G7
I– vi–ii–V7–ii C Am DmG7 Dm
I– ii–iii–IV–VC DmEm F G
I– ii–vi–V–I C DmAm G C
I– vi–ii–V–I C Am Dm G C
I– iii–vi–V–ICEmAm G C

Progresi Dasar Chord Mayor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.