Menajamkan Foto dengan Shadows/Highlights di Photoshop

Photoshop mempunyai banyak cara untuk menajamkan gambar. Tidak ada yang salah dan benar mengenai tool apa yang Anda akan implementasikan. Namanya juga seni, kita lihat hasilnya, mana yang lebih enak untuk dilihat. Pada tutorial disini, saya akan menajamkan gambar mobil dengan fasilitas Shadows/Highlights di menu: Image >> Adjustments


Saya memilih fasilitas ini karena saya melihat foto saya terlihat tidak jelas dilihat karena terlalu banyak cahaya. Fasilitas Shadows/Highlights memungkinkan saya memanipulasi bayangan dan sorotan. Lihat gambar dibawah ini:



Klik menu Shadows/Highlights dan Anda akan mendapatkan kotak tool berikut:


Centang pada kota Show More Options untuk menampilkan menu lebih banyak.
 

Ada tiga pilihan tool: Shadows, Highlights, Adjustments. Masing-masing memilih penggeser di Amount, Tonal, dan Radius. Masing-masing mempunyai cara kerja yang sama sesuai dengan bagiannya,

Pada Shadows, Amount akan akan membuat bayangan lebih terang. Tonal akan menentukan tingkat keterangan. Semakin Tonal digeser ke kanan, semakin terang gambar saat Anda akan meningkatkan Amount. Radius menentukan jumlah pixel yang terpengaruh. Radius lebih tajam pada gambar dengan resolusi rendah sebab diukur denga pixel.

Saya mengatur Shadows sebagai berikut:
Amount: 0 (membuat bayangan lebih gelap agar tidak terlalu terang)
Tonal: 50
Radius: 30

Pada Highlight, Amount bekerja berkebalikan dengan Shadows. Amount pada Highlight justru akan menggelapkan sorotan sinar. (Pada Shadows, Amount akan menerangkan bayangan).

Saya mengatur Highlights sebagai berikut:
Amount: 75 (agar sorotan menjadi gelap)
Tonal: 50
Radius: 30

Color correction hanya bekerja pada bagian gambar yang berwarna.
Saya mengotak-atik Color Correction +9 agar warna bunga lebih tajam. Kemudian tombol OK

Sekarang buka menu Filter >> Sharpen >> Unsharp
atur Amount ke 30.

Hasil akhir dari gambar:


Menajamkan Foto dengan Shadows/Highlights di Photoshop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.